Rabu, 21 April 2021

RANGKUMAN MATERI HUBUNGAN ANTARA NILAI DAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN IPS SD

 RANGKUMAN MATERI

HUBUNGAN ANTARA NILAI DAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN IPS SD

1. Pengertian Nilai

Nilai merupakan sebagai sebuah gagasan terkait dengan apa yang dianggap baik, berfungsi, bermanfaat, indah, layak, dan juga menjadi keinginan serta kehendak seluruh dari lapisan masyarakat dalam kehidupan. Selain itu nilai membantu seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan apresiasi kepada kehidupan sosia

2. Pembentukan Sikap dan Nilai Siswa dalam Pembelajaran IPS SD

Sikap atau sikap mental yang baik melalui pengajaran IPS, tidak dapat dilepaskan dari mengajarkan nilai dan sistem nilai yang berlaku di masyarakat. Dengan kata lain , strategi pengajaran nilai dan sistem nilai pada IPS bertujuan untuk membina dan mengembangkan sikap mental yang baik

Menurut Paul Suparno, SJ. sikap dan tingkah laku yang berlaku umum, yang lebih mengembangkan nilai kemanusiaan dan mengembangkan kesatuan sebagai warga masyarakat perlu mendapatkan tekanan. Beberapa sikap dan tingkah laku itu antara lain sebagai berikut: (Paul Suparno, SJ. 2001)

1. Sikap penghargaan kepada setiap manusia

2. Sikap tenggang rasa, jujur, berlaku adil, suka mengabdi, ramah, setia, sopan, dan tepat janji.

3. Sikap demokratis dan menghargai gagasan orang lain serta mau hidup bersama orang lain yang berbeda.

4. Kebebasan dan tanggung jawab.

5. Penghargaan terhadap alam

6. Penghormatan kepada Sang Pencipta

Pada jenjang SD, siswa harus diperkenalkan pada proses pengembangan pemahaman alasan-alasan akan nilai-nilai yang diperkenalkan. Pada siswa kelas rendah, unsur-unsur permainan dan penanaman nilai tidak boleh dilupakan. Sebab pada tahap ini, siswa harus dikondisikan merasa senang dalam hidup bersama, bersosialisai, dan mulai mengenal ilmu pengetahuan. Kegiatan yang dapat diperkenalkan antara lain: mengunjungi musium, kebun binatang, tempattempat bersejarah, dan mengenal lingkungan alam. Ilmu pengetahuan haruslah dicintai bukan ditakuti dan menjadi ancaman bagi siswa.

Sikap siswa yang terbentuk dalam pembelajaran IPS diperoleh melalui:

a) Materi IPS yang terintegrasi

b) Motivasi dan nasehat guru

c) Perintah dan larangan serta hukuman

d) Interkasi dan contoh diluar kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar